News Update
Home » , , , » Stefano Lilipaly Kecewa Tak Masuk Skuad Timnas

Stefano Lilipaly Kecewa Tak Masuk Skuad Timnas

Stefano Lilipaly - TRIBUNNEWS

Seputar Timnas - Gelandang Almere City Stefano Lilipaly kecewa berat tidak masuk daftar skuat sementara Timnas sepak bola Indonesia Pra Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi, 23 Maret 2013.

Stefano masih bertahan di Hotel Sultan, Jakarta -lokasi timnas menginap- hingga pengumuman final. Raut wajah Stefano muram.

Ia bersama Tonnie Cusell, Diego Muhammad, dan Raphael Maitimo terlihat merapat ke kantor Badan Tim Nasional (BTN) beberapa jam paska konferensi pers pengumuman daftar 28 pemain yang menjalani pelatnas lanjutan, Selasa (19/3/2013) sore.

Selain Raphael, ketiga pemain keturunan Belanda itu tidak masuk skuat. Ia mempertanyakan langkah yang harus diambil kepada BTN.

Sebelum menerima keempat pemain 'bule', BTN berkoordinasi dengan Luis Manuel Blanco yang posisinya digantikan Rahmad Darmawan dan Jacksen Tiago. RD, sebutan populer Rahmad Darmawan, menyebut Stefano 'dicoret' terkait proses administrasi ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang belum rampung.

Stefano hingga kemarin sore belum menyerahkan keterangan pendukung yaitu akte kelahiran ayahnya yang berdarah Indonesia. AFC membutuhkan data tersebut sebagai dokumen agar mengidentifikasi Stefano benar-benar memiliki garis Indonesia.

Untuk Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo mereka mengajukan pewarganegaraan Indonesia karena sudah memenuhi pasal 9 ayat b UU Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia yaitu, Pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut.

"Untuk saat ini saya diminta tidak memberikan keterangan apapun (kepada media). Situasinya tidak bagus. Kecewa? Tentu saja kecewa berat," ungkap Stefano saat meninggalkan kantor BTN di gedung Istora Senayan lantai dua.

RD mengaku tidak ingin berspekulasi menunggu status Stefano. Jika Stefano melengkapi keterangan pendukung, PSSI harus menunggu persetujuan AFC terlebih dulu untuk bisa menurunkan ke laga Pra Piala Asia 2015.

Sebelumnya, RD berjanji menciutkan 57 nama menjadi 23 atau paling banyak 25 pemain. Namun, ia memutuskan untuk mengumumkan 28 nama sementara hingga rapat manajer timnas, satu hari sebelum pertandingan.

Ada empat pertimbangan yang mendasari tim pelatih menambah jumlah pemain yaitu kelengkapan proses administrasi, melihat kebugaran pemain, menganalisis potensi untuk mendukung skema permainan, serta antisipasi cedera.

Mengenai pencoretan Diego, RD memuji kecerdasan dan visi mantan pemain Persija Jakarta itu.

"Namun harus diingat, laga melawan Arab hanya 90 menit. Saya ingin mainkan sepak bola dengan tempo tinggi dimana itu membutuhkan kebugaran," kata RD. 

"Sebelumnya saya mendengar ada keinginan untuk menyusun komposisi pemain 50:50 dari LSI (Liga Super Indonesia) dan LPI (Liga Primer Indonesia). Menurut saya itu berpulang kepada independensi pelatih. Saya tidak melihat mereka (pemain) berasal dari mana. Saya memilih berdasarkan kebutuhan tim," ujar RD yang didampingi Jacksen, Yeyen Tumena (asisten pelatih), Yaya Sunarya (pelatih fisik), Syarief Alwi (dokter tim), serta Matias Ibo (fisioterapis).[Tribunnews]



0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2013.TIMNAS-BLOG - All rights reserved
Theme Template by Timnas-Blog · Powered by Blogger